Wednesday 21 May 2014

OOP PHP - Class, Property dan Object

Kelas


Class/Kelas adalah kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebagai contoh 'class of cat' adalah suatu unit yang terdiri atas definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam perilaku/turunan dari kucing.

Setiap pendefinisain/deklarasi sebuah kelas pada PHP menggunakan class yang diikuti dengan nama kelas, kemudian diikuti tanda '{' dan diakhiri dengan tanda '}' dan dapat memberikan sembarang nama sebuah kelas, selama tidak sama dengan fungsi yang dimiliki PHP. contoh, class print. nama kelas print tidak bisa digunakan, karena class print adalah fungsi yang dimiliki oleh PHP.

Didalam kelas juga memuat/mendefinisikan properti kelas dan methode kelas di antara tanda "kurung kurawal". Variable $this pada class adalah sebuah variable samaran yang digunakan untuk memanggil sebuah properti atau method didalam sebuah kelas.

Property


Propherty merupakan atribut dari sebuah Class, misalnya pada Class manusia, maka propherty / atribut yang terdapat pada manusia terdiri dari tinggi badan, berat badan, warna kulit, dsb. Properti juga bisa disebut sebagai variabel dari sebuah class.

Object


Setiap objek memiliki atribut sebagai status (state) dan tingkah laku sebagai behavior. Contoh objek : Motor. Maka atribute (state) nya adalah pedal, roda, speedometer, warna, jumlah roda. Sedangkan tingkah laku (behavior) nya adalah kecepatan menaik, kecepatan menurun, dan perpindahan gigi motor.

class orang{
#kelas orang
#Properties Class
var $nama;
var $umur;
var $tinggi;
var $berat;

function orang (){#Constructor
echo "Initialisation Object";
}

function get_nama(){
return $this->nama;
}
}#end class


pada contoh diatas kita membuat sebuah kelas dengan nama "orang". Kelas tersebut memiliki properti nama, umur, tinggi dan berat. Fungsi orang adalah sebuah constructor dari kelas orang, contstructor tersebut akan dijalankan ketika kita membuat sebuah object orang.

No comments:

Berikan Komentar